Wednesday 11 February 2015

Jalan Bagus, Cari Rejeki Cuma Selangkah, Terima Kasih PNPM

Jalan Pasir Rengkong Dusun Tipar Desa Mekarjaya Kec. Kabandungan Kab. Sukabumi adalah yang menghubungkan Desa Mekarjaya dengan Desa Cianaga, sudah lama terbengkalai, belasan tahun jalan ini tidak berfungsi, penyebab utamanya adalah terjadinya longsor besar sehingga jalan dan Gorong-gorong yang ada rusak berat, dan sulit untuk diperbaiki oleh masyarakat, padahal jika melihat dari jumlah pemanfaat jelas banyak sekali meliputi dua desa tidak kurang dari 950 KK, memang jalan Pasir Rengkong ini termasuk wilayah Desa Mekarjaya, namun jika sudah dibuka kembali warga Desa Cianaga diyakini ‘via jalan pasir rengkong’ untuk menuju Desa Mekarjaya, yang sebelumnya mereka menggunakan jalan alternative yang tidak dapat dilalui mobil.



Kondisi awal jalan
forum desa musyawarah Perencanaan

Baru ditahun 2013 ini, jalan Pasir Rengkong diajukan oleh Masyarakat Dusun Tipar ke PNPM-MPd dalam Forum Musyawarah Desa Perencanaan, setelah forum menyetujui maka dibuatlah proposal usulan Jalan Rabat Beton sepanjang 855 m dengan bangunan pelengkapnya (TPT dan GG), selanjutnya
usulan di verifikasi dan layak di bawa ke forum MAD II pada bulan februari 2013, dan alhasil Jalan Pasir Rengkong menempati rangking 11 (sebelas) dari 12 usulan fisik PNPM-MPd Kec. Kabandungan, namun Alhamdulilah semua usulan terdanai ketika di ditetapkan pada forum MAD III.


Kegiatan Gotong Royong




Jalan yang Sudah Jadi
Masyarakat desa mekarjaya, khususnya dusun  tipar cukup baik dalam bergotong royong demi terlaksananya rabat beton jalan pasir rengkong ini, terutama sebelum kegiatan dimulai mengigat jalan tersebut sangat memprihatinkan dengan ilalang-ilalang yang sampai  selutut. Baru pada bulan agustus 2013 pelaksanaan kegiatan dimulai,  dengan dana BLM sebesar Rp. 193,687.000.– (terbilang: Seratus Sembilan Puluh Tiga Juta Enam Ratus Delapan Puluh Tujuh Rupiah) dan swadaya sebesar Rp. 4.308.000.-, (Terbilang: Empat Juta Tiga Ratus Delapan Ribu Rupiah), kini masyarakat sudah dapat menikmati hasilnya, setelah pekerjaan rampung 100%, peran tim pemelihara dan kesadaran masyarakat untuk memelihara jalan tersebut perlu ditingkatkan agar dapat dinikmati lebih lama oleh masyarakat. Kini Transportasi menjadi lancar, lebih banyak rupiah yang akan dihasilkan (ucap seorang warga). “TERIMA KASIH PNPM”. 


Oleh Anang Suryana

No comments:

computer, desktop, notebook

Notebook / Laptop Hybrid Intel Core I7

Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate

Anda Perlu Komputer dan Laptop

Kulit Anda Ingir Bersih