Tuesday 17 February 2015

Potensi Desa Sebagai Sumberdaya Kehidupan


Sebagai Negara agraris, Indonesia seharusnya mampu menyelamatkan kehidupan  di desa, beberapa  pemikiran  penting  tentang  hal ini didasarkan  atas pemikiran  agar  masyarakat  desa  kembali  bergairah  menggulirkan  roda kehidupannya,  dilandasai  dengan  sendi-sendi  kehidupan  masyarakat  desa  yang kuat,  memiliki  cita-cita,  pandangan  hidup  yang  maju  serta  meyakini  bahwa dengan hidup di desapun bisa sejahtera, dan setiap orang mampu mencapai kesejahteraannya.
Tingkat  kesejahteraan  yang  makin  merosot,  menyebabkan   masyarakat yang   masih   berad di  desa  kini  diterpa   kebimbangan,   apaka akan  terus melakukan usaha tani atau pindah ke kota mengadu nasib seperti yang telah dilakukan  saudara-saudaranya,  hal ini harus dicegah  melalui  upaya penyadaran nasional yang berbasis lokal, masyarakat desa harus disadarkan bahwa desa menyimpan potensi yang sangat besar, yang jika dikeloa dengan baik,mampu mengantarkan kesejahteraan bagi masyarakat desa. Potensi-potensi tersebut antara lain :
1 Rasa kekeluargaan dan kebiasaan gotong royong

2 Kebersamaan latar belakang budaya dan adat istiadat
3.   Telah  memiliki  mata  pencaharian  dasar,  baik  sebagai  petani  ataupun nelayan, ataupun sebagai pengrajin, yang berasal dari turun temurun, misalnya : kemampuan menenun, membantik, membuat keramik, dan lain sebagainya.
4 Adanya  tetua-tetua  adat  yang  dianggap  sebagai  orang  yang  disegani  di desa, menandakan adanya kepemimpinan dalam masyarakat desa.
 5 Teredianya lahan yang dapat digarap sebagai wadah produktif masyarakat.
Potensi-potensi   tersebut   perlu  dikedepankan   agar  tidak  hilang,   bahkan menjadi dasar bagi pembangunan  masyarakat  desa. Pembangunan  yang berakar dari nilai-nilai yang ada di masyarakat, bukan pembangunan yang ditimpakan dari atas. Dengan tergali dan bergeraknya potensi-potensi masyarakat secara dinamis, diharapkan masyarakat desa akan menyadari pentingnya kekuatan internal yang telah ada digerakkan untuk maju dan menciptakan kehidupan yang lebih baik di desa.

Memperhatikan potensi sumber daya kehidupan yang ada di desa dan berbagai permasalahan yang muncul terkait dengan prosentase masyarakat miskin yang sebagian besar berdomisili di desa, maka dapat menjadi rujukan, bahwa kebijakan  pembangunan   desa  seharusnya  mampu  dibangkitkan  dari  potensi- potensi yang ada tersebut. Selain itu, pengaruh lingkungan eksternal perlu diperhatikan, agar potensi yang dimiliki dapat dibangkitkan secara optimal, efektif,efisien, dan mencapai tujuan, yaitu kesejahteraan masyarakat desa. Berdasakan hasil kajian di atas, maka potensi sumber daya kehidupan di desa, jika dibangkitkan akan menghasilkan lima potensi kekuatan utama, yaitu :
1. Rasa kekeluargaan  dan kebiasaan gotong royong jika dibangkitkan  akan menghasilkan kekuatan kerja sama kelompok yang dinamis.
2 Kebersamaan  latar belakang budaya dan adapt istiadat jika dibangkitkan akamenghasilkan  kekuatan  mencintai  tempat  kelahirannya, merupakan modal dasar untuk mengembangkan kehidupan di desa
3. Adany mata   pencaharian    dasar   (petani,   nelayan pengrajin,   dan sebagainya) jika dibangkitkan akan menghasilkan kekuatan sektor unggulan di desa.
4 Adanya  tetua-tetua  adat  yang  dianggap  sebagai  orang  yang  disegani  di desa , menandai adanya kepemimpinan dalam masyarakat desa, jika dibangkitkan akan menghasilkan kekuatan kepemimpinan dalam masyarakat, yang akan sangat berperan dalam membuat suasana yang kondusif, menjalankan fungsi koordnatif dan sebagai organisator pembangunan di desa, yang benar-benar dipercaya masyarakat.
5 Lahan  dan  sumber  daya  alam  yang  dapat  digarap  dan  dikelola  sebagai wadah produksi masyarakat, jika dibangkitkan dan dikelola dengan baik, jika dibangkitkan akan menghasilkan kekuatan produksi masyarakat

Memperhatikan lingkungan eksternal dan tuntutan globalisasi, di mana ada tantangan dan peluang, dibutuhkan kemampuamasyarakat desa untuk mampu berkompetisi agar dapat mengakses pasar,  yang  dimulai  dari  pasar  lokal,  dan  sebagai  syarat  utama  untuk  dapat mengakses  pasar  adalah  kemampuan  masyarakat  desa  sendiri,  yang  ditunjang dengan kebijakan pemerintah yang mendukung pembangunan desa secara komprehensif.


No comments:

computer, desktop, notebook

Notebook / Laptop Hybrid Intel Core I7

Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate

Anda Perlu Komputer dan Laptop

Kulit Anda Ingir Bersih