Sunday 22 February 2015

Antioksidan Baik Untuk Tubuh

Antioksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidas
Zat ini secara nyata mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah. Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya.
Antioksidan alami biasanya lebih diminati, karena tingkat keamanan yang lebih baik dan manfaatnya yang lebih luas dibidang makanan, kesehatan dan kosmetik. Antioksidan alami dapat ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan tumbuhan berkayu.

Zat Antioksidan bermanfaat untuk menghilangkan efek dari radikal bebas(oksidan) yang bersifat merusak sel sehat, dan hal seperti itu tak terhindarkan dari kehidupan kita sehari-hari. Kadar Oksidan dalam tubuh kita bisa semakin tinggi, apabila kita berada dalam lingkungan polusi tinggi atau gaya hidup yang buruk. Dengan demikian antioksidan akan selalu melindungi kita dari penyakit terkait radikal bebas, seperti jantung, kanker, tekanan darah tinggi, efek penuaan dini, serta juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Antioksidan adalah termasuk nutrisi seperti vitamin E, beta -karoten, selenium, lutein, licopene, anthosianin, koenzim Q10, asam alpha lipoic dan flavonoid.
Banyak makanan buah dan sayuran di Pedesaan yang kaya mengandung antioksidan alami di antaranya :

Mahkota Dewa
Tanaman obat yang berasa dari Papua ini terbukti memiliki beberapa khasiat. Tanaman ini mengandung senyawa Alkaloid, Saponin, Flavonoid dan Polifenol. Senyawa-senyawa tersebebut diantaranya bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula, detoksifikasi dan juga sebagai anti-alergi.




Buah Anggur
Buah ini mengandung antioksidan alami dari golongan senyawa Resveratol, antosianin dan Flavonoid. Ketiga senyawa ini bermanfaat untuk meningkatkan kineerja sel endotelial yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah dalam arteri sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung.



Buah Manggis
Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang berbagai kandungan buah manggis serta khasiat dan manfaatnya. Senyawa aktif pada buah ini yang bernama Xantone justru banyak terdapat dalam bagian kulit buahnya.


Buah Tomat
Senyawa penting dalam buah Tomat adalah zat Lycopene, dimana zat ini sangat berguna untuk menanggal pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.


Taoge
Taoge hingga saat ini masih dianggap makanan pelengkap, padahal memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk tubuh, antara lain, folat, protein, fitoestrogen dan vitamin C. Secara keseluruhan sumber makanan ini bermanfaat untuk memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.





Wortel
Wortel, dan sayuran berwarna orange lainnya mengandung beta-karoten, yang membantu tubuh kita dalam memproduksi vitamin A dan melawan kanker. Pastikan untuk menambahkan sayuran warna orange untuk diet Anda!


Kacang
Kacang sangat baik bagi kesehatan, karena bukan hanya kaya  serat, tetapi juga kaya antioksidan. Kacang merah mengandung konsentrasi tertinggi dari antioksidan.





Nah, sumber alami yang disebutkan diatas hanya sebagian kecil makanan yang mengandung senyawa antioksidan. Selain itu masih banyak lagi yang masih bisa diinventarisasi.

No comments:

computer, desktop, notebook

Notebook / Laptop Hybrid Intel Core I7

Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate

Anda Perlu Komputer dan Laptop

Kulit Anda Ingir Bersih